Posted on

Uncertainty Reduction Theory


Uncertainty Reduction Theory (URT) atau Teori Pengurangan Ketidakpastian adalah sebuah teori  yang di kemukakan oleh Charles Berger. Teori ini membahas tentang sebuah proses komunikasi pada dua individu yang sebelumnya saling tidak kenal, menjadi kenal sehingga dapat mengurangi ketidak pastian dalam komunikasi, dan kemudian memutuskan untuk melanjutkan komunikasi atau tidak. Dikatakan juga bahwa teori ini berhubungan dengan cara-cara kita mengumpulkan informasi tentang orang lain. teori ini berhubungan dengan cara-cara individu memantau lingkungan sosial mereka dan menjadi tahu lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan orang lain. Proses inilah yang kemudian terbagi menjadi 3 tahapan yaitu:

  1. Entry Phase : Dalam tahap ini biasanya komunikasi hanya meliputi hal-hal umum saja seperti nama, jenis kelamin, usia, status dan hal demographis lainnya. Dalam tahap ini langkah yang ditempuh sebagianbesar bersifat normatif dan dikendalikan oleh aturan-aturan komunikasi.
  2. Personal Phase : Tahap ini komunikasi berlangsung lebih akrab dan berbagi mengenai keyakinan, pendapat, nilai dan lebih banyak data pribadi. Fase ini mulai kurang dibatasi oleh aturan dan norma komunikasi
  3. Exit Phase : Di fase ini umumnya setelah komunikator mendapatkan data-data yang ada dapat memilih untuk melanjutkan komunikasi atau memutuskan untuk menyudahinya

Dalam mendapatkan informasi di dapat dengan 3 strategi pendekatan, yakni :

  1. Pasif, yaitu prosesnya dengan cara observasional, mengamati dan menduga-duga.
  2. Aktif, yaitu biasanya menggunakan orang ketiga atau meminta orang lain sebagai strateginya untuk mendapatkan informasi.
  3. Interaktif, yaitu berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ingin diketahui informasinya.

 

Contoh dalam kehidupan pribadi:

Suatu waktu ketika mengantar teman saya untuk ujian masuk di Perguruan Tinggi, saya menunggu teman saya tersebut diluar. Kemudian bertemu dengan seorang perempuan yang kelihatannya sama sedang menunggu temannya juga yang sedang ujian.

Ketika saya duduk dia pun duduk disamping saya. Saya yang sedari tadi memang memperhatikan dia dan menebak-nebak seperti apa dia sebenarnya, tapi tidak begitu interest. Kemudian tak disangka ia pun mulai mengajak bicara, bertanya nama, status, dan usia. Ia membuka pertanyaanya dengan nada sopan dan lembut. Dari sinipun saya tahu bahwa dia bukan menunggu temannya akan tetapi saudaranya.

Kemudian ketika situasi dirasa sudah melumer, timbul berbagai pertanyaan tentang silsilah keluarga, keyakinan, hobi, pandangan terhadap suatu hal, dan sebagainya yang sebenarnya masih bersifat umum.  Sehingga mulai ada kedekatan yang timbul dan bahasa yang dipakai pun tidak terlalu bersifat normatif karena lebih akrab dari sebelumnya.

Setelah terjadi proses diatas karena dirasa telah mengurangi rasa ketidakpastian atas data-data yang dipersepsikan sebelumnya dan mendapat banyak yang sesuai . Maka, komunikasipun berlanjut hingga menjalin hal yang lebih dekat yaitu pertemanan.

Dalam contoh diatas maka secara jelas dapat kita lihat seperti apa proses Entry Phase yang lebih meliputi sifat-sifat demographis seseorang dan bersifat normatif. Sebelumnya pun kita dapat menyelidikinya bahwa strategi pada awalnya adalah secara pasif yang kemudian berlanjut menjadi strategi interaktif.

Adapun proses Personal Phase ditempuh untuk tahu lebih jauh lagi tentang lawan bicara apakah mempunyai ketertarikan yang sama atau tidak. Semua itu dimulai ketika bertanya tentang hobi dan pendapat seseorang.

Proses Exit Phase, itu dapat dilihat ketika komunikasi dirasa memiliki data dan pengetahuan yang cukup tentang lawan bicara kemudian komunikasi tersebut megurangi rasa tidak pasti satu sama lain dalam pembicaraan. Sehingga mulai bisa memutuskan untuk melanjutkan pembicaraan atau memutuskan pembicaraan.

About indark007

Indark007 adalah seorang mahasiswa di salah satu Universitas Islam Negeri di Bandung yang mengambil jurusan Jurnalistik sebagai konsentrasinya.... Blog ini hanyalah sebagai media sharing tentang pengetahuan dan kehidupan dari Indark007.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s