Posted on

BEBAS


Makna kata yang terungkap dalam kebebasan yang hakiki mungkin bukanlah bebas dalam arti bebas seperti udara, bebas adalah suatu penegakan aturan yang berdasarkan atas keadilan tidak pandang bulu dan tidak pandang ras. Mungkin bebas dan adil dalam artian hidup adalah bagaikan sebuah silet diman satu sama lain tak mungkin bisa terpisahkan, kalaupun dua sisi itu terpisah itu akan menjadikan suatu kepincangan, bagaikan burung yang memiliki satu sayap, akankah ia terbang tinggi? Satu jawaban yang pasti impossible.

Samudera, biru, dalam dan luas banyak ikan bertebaran dimana-mana dari mulai makhluk terkecil seperti plankton, udang, ubur-ubur sampai dengan ikan paus terbesar sebesar kapal perang mutakhir milik US pun ada di dalamnya dan bahkan ada kemungkinan ikan yang lebih besar lagi hidup di dalam sana. Samudera itulah yang menjadikan persamaan antara kebebasan dan keadilan. Bagaimana mungkin tidak! Lautan adalah suatu kumpulan air yang senantiasa bebas berada dimana saja, di darat, langit, hingga di luar angkasa sekalipun unsur-unsur air itu pasti ada, dan tentu saja pemerataan serta persebaran air pasti adil dan tak mungkin ada keraguan didalamnya, air senantiasa ada di rongga-rongga kehidupan makhluk hidup.

About indark007

Indark007 adalah seorang mahasiswa di salah satu Universitas Islam Negeri di Bandung yang mengambil jurusan Jurnalistik sebagai konsentrasinya.... Blog ini hanyalah sebagai media sharing tentang pengetahuan dan kehidupan dari Indark007.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s