Posted on

Wisata Gratisan!!!


gerbang Mulai pudarnya kesenian dan kebudayaan di Bandung akibat kurangnya kemauan dari masyarakat untuk melestarikan budayanya sendiri, serta karena kurangnya lahan dan wadahuntuk mempromosikan kesenian Sunda.

Hal inilah yang melatar belakangi didirikannya Kampung Seni dan Budaya Manglayang sebagai tempat yang menyerap dan menghimpun para seniman Sunda yang ingin berlatih dan mempertunjukan kesenian khasnya. Selain itu Kampung Seni dan Wisata ini juga menawarkan kepada masyarakat baik dalam maupun luar Bandung untuk mengenal lebih jauh akan kekayaan khasnya kesenian Sunda.

Kampung Seni & Wisata Manglayang yang berlamat lengkap di Kampung Cibolerang No. 52 Rt.01/09 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung ini oleh pasangan suami istri bernama Kawi dan Ria yang masing-masing bergelar M,Sn ini telah dikelola sejak tahun 2005 lalu, kemudian pada tanggal 29 Agustus 2007 telah disahkan oleh mantan Gubernur Jawa Barat H. Danny Setiawan.

Dengan luas tanah sebesar 1,8 hektar ini kita dapat menemukan berbagai macam jenis tempat-tempat khas sunda pada zaman dulu seperti, Tajug atau mushola, leuit atau lumbung padi, kulah atau tempat nyisikan (tempat membersihkan padi), Pastoral sebagai tempat sasatoan (binatang), leuwi atau kolam renang, saung dan pajuaran untuk tempat istirahat, pawon atau dapur, serta saung santika sebagai tempat seni rupa.

Tak hanya sebatas itu saja Kampung Seni dan Wisata Manglayang ini juga menawarkan berbagai pertunjukan khas Sunda seperti wayang golek, pangbage, ketuk tilu, benjang, ibing sulanjana, ibing penca, lodang, gedur, tutunggulan, reka heleran, marawis, celempungan dan berbagai seni tari lainnya yang di tampilkan di pakalangan empul. Kaulinan anak-anak tatar sunda juga tak lupa ditawarkan disini, seperti sorodot gaplok, jajangkungan, oray-orayan, u-ucingan, serta banyak lagi.

Sambil menikmati semua pertunjukan dan aksi-aksi yang disuguhkan oleh Kampung Seni & Wisata Manglayang ini kita juga bisa merasakan nikmatnya masakan dan jajanan khas sunda, seperti surabi, lotek, rujak, bajigur, dan lain-lain.

Seperti tema yang diusung sebelumnya yakni “Back to Nature” Kampung Seni & Wisata Manglayang juga menyuguhkan kita untuk berpartisipasi ketika ngarambet (tanam padi) dan ngurek (mancing belut). Tapi yang lebih menggembirakkannya lagi di wisata manglayang ini “ALL FOR FREE”

(Ndr & Pin)

About indark007

Indark007 adalah seorang mahasiswa di salah satu Universitas Islam Negeri di Bandung yang mengambil jurusan Jurnalistik sebagai konsentrasinya.... Blog ini hanyalah sebagai media sharing tentang pengetahuan dan kehidupan dari Indark007.. ^^

One response to “Wisata Gratisan!!!

  1. indark007 ⋅

    I sumpah tu tempat emang gratisan, tpi klo pengen lagi banyak-banyaknya pertunjukan u dateng ja di akhir pekan……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s